Beranda > Tips and Tricks > [Tips] Mengatasi Printer “Spooler Service not Running”

[Tips] Mengatasi Printer “Spooler Service not Running”

Dahulu kala, hiduplah pangeran Viruses Nakalies yang mengejar putri kerajaan, Printeris Spoolerious. =,=” hahahaha.

 Btw, kali ini saya akan berbincang dengan masalah baru yang dihadapi oleh saya, untuk sekian kalinya masalah slalu datang pas saat genting-gentingnya. Saat mau berangkat kuliah, tepat jam 7:30-an, yang waktu itu mestinya saya pergi berangkat eh malah bengong depan komputer. Bukannya apa, PRINTER gak bisa dipake!!! Entah apa alesannya, yang jelas kali ini virus nantang saya kembali. Saya bingung gak karuan, ini masalahnya apa?

 Saya telusuri baik-baik, di pop-up nya saya disuruh masuk ke START terus pillih Printer and Fakes kalau gak salah. Saya disuruh Add a Printer,  beuh kagak bisa. Saya pikir mungkin aja ada masalah dengan PRINTER-nya. Jadi saya tunda masalah itu sampe pulang kuliah.

 Ternyata saya salah sangka, hahaha. Driver printer tidak mengalami gangguan, hanya saja aplikasi print spoiler yang dihentikan oleh virus. Hal itu membuat fungsi add printer tidak jalan. Hm, virus jenis apa ya ini? kurang ajar bener. Saat membuka word processing juga tidak bisa dipreview dan juga tidak bisa diprint. Tak ada reaksi apapun saat dipencet CTRL + P.

 Untuk mengatasi hal ini, saya coba surfing ke berbagai blog di dunia, ahahah. Akhirnya dapat juga dari : http://dhidik.wordpress.com/2009/05/22/mengatasi-print-spooler-service-not-running/ , lakukan langkah berikut:

1.    Klik START > Run > ketik services.msc

2.  Cari Print Spooler, klik kanan dan pilih PROPERTIES.

3.  Pada startup type pilih AUTOMATIC, kemudian klik START.

Seharusnya, setelah langkah ketiga, fungsi add a printer dan fungsi printer pada berbagai aplikasi sudah jalan. Harusnya, tapi permasalahan yang terjadi adalah SPOOLSV.EXE tidak ada, kayaknya udah dihapus. Menurut penulusuran bro dhidik, mesti copy dari computer lain. Kebetulan netbuk punya saya XP, makanya saya bisa tersenyum nyengir sekarang, hehheehe.

OK, begini cara mendapatkan file-file yang telah hilang dari tempat semestinya. Buka folder WINDOWS, terus masuk SYSTEM32. Eits, daripada ribet klik kanan di SYSTEM32 terus masukan kata SPOOL. Normalnya, keluar 5 file yang dibutuhkan. Otomatis saya Cuma bawa file yang dibutuhkan, seperti SPOOLSV.EXE tadi.

Setelah saya dapatkan tuh file, saya pindahkan ke tempat seperti tadi di computer yang bermasalah. Sudah? Kemudian saya coba ikuti prosedur yang di atas, yang masuk ke START dan lainnya. Setelah di properties, ketika dipilih automatic JIKA sukses maka akan berjalan bahwa Print Spooler bekerja secara otomatis.

Dan sekali lagi, saya sangat senang bisa menyelesaikan masalah ini. Saya sengaja share diblog, biar ilmu yang saya dapatkan tidak percuma, okok. Saya ucapkan makasih juga buat, DHIDIK Blog’s, artikelnya sangat membantu.

  1. awi
    September 30, 2011 pukul 04.59

    minta file-nya dong gan… harus kemana lagi nih… plisss, awiuntung@yahoo.com

    • Oktober 1, 2011 pukul 09.48

      biar gampang, ngopi aja di warnet.:)

      • Oktober 1, 2011 pukul 09.48

        komputer warnet maksudnya.

  2. awi
    September 30, 2011 pukul 04.59

    minta file-nya dong gan… harus kemana lagi nih… plisss, awiuntung@yahoo.com

    • Oktober 1, 2011 pukul 09.48

      biar gampang, ngopi aja di warnet.:)

      • Oktober 1, 2011 pukul 09.48

        komputer warnet maksudnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: